Ducati Berharap Lebih Baik di Le Mans

Ducati GP12LE MANS PERANCIS – Meski sampai sekarang masih belum bisa meraih hasil terbaik, tim Ducati masih belum mau berputus harapan. Tim pabrikan asal Bologna Italia ini masih punya hasrat meraih hasil yang jauh lebih baik, dalam seri keempat MotoGP 2012 yang akan berlangsung di sirkuit Le Manc Perancis hari Minggu 20 Mei mendatang.
Penampilan sang legenda Valentino Rossi dan rekan setimnya Nicky Hayden memang masih belum juga mendapatkan hasil terbaik, minimal bisa naik podium di tiga besar. Tapi kedua pembalap ini juga sama-sama menegaskan siap untuk memperbaiki penampilan dan merebut hasil yang lebih baik dari seri ketiga di Estoril Portugal dua minggu lalu. Di seri itu Rossi hanya mampu finish di urutan ketujuh, sedangkan Hayden harus puas masuk pit karena masalah kelistrikan. Menurut Rossi, finish ketujuh kemarin sebetulnya cukup baik. Hanya saja ketinggalan hampir setengah menit dari Casey Stoner yang menjuarai balapan 6 Mei lalu cukup membuat tamparan telak bagi kubu Ducati. Karena itu The Doctor bertekad untuk finish di urutan yang lebih depan. Apalagi tahun lalu Rossi berhasil membawa Ducati naik podium ketiga, dan merupakan satu-satunya podium terbaik bagi tim sepanjang musim 2011. Ia berharap agar cuaca di Le Manc hari Minggu nanti kering sehingga kecepatan motor bisa bebas dikembangkan. Ducati sendiri juga merencanakan serangkaian tes komponen mesin baru yang akan berlangsung hingga 29 Juli mendatang. Resikonya, untuk balapan di Le Manc hari Minggu lusa, setting motor yang akan digunakan akan sama persis dengan yang digunakan Rossi dan Hayden waktu balapan di Estoril.
Dalam pernyataannya pekan ini, Rossi menegaskan bahwa setting yang sama dengan Estoril setidaknya punya dampak lebih positif, yaitu penyesuaian yang dilakukannya bersama Hayden bisa lebih mudah. Memang masih belum bisa dipastikan apakah settingan untuk Estoril bisa cocok untuk di Le Mans, tapi ia masih tetap optimis bahwa settingan yang sama ini akan bisa berdampak lebih baik untuk balapan hari Minggu lusa. Sementara Nicky Hayden rekan setimnya berkomentar, Le Mans memang bukan sirkuit favoritnya. Tapi tetap saja harus ada upaya yang keras untuk bisa finish di garis depan. Pembalap asal Kentucky Amerika Serikat ini juga yakin ada beberapa bagian motor yang memang sangat cocok di Le Mans. Adapun manajer tim Vittoriano Guareschi berharap, kondisi sirkuit di Perancis yang berkarakter stop and go ini sangat klasik dan menuntut settingan yang berbeda dibanding sirkuit lainnya. Tapi ia melihat bahwa pengembangan GP12 akan bisa dilihat apakah maksimal atau tidak dengan test case sirkuit Le Mans. (yz – MotoGP)

This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s