Pedrosa Pole, Lorenzo Grid Kedua

Dovizioso Start KetigaLE MANS PERANCIS – Setelah beberapa seri terakhir tahun lalu dan 3 seri tahun ini prestasinya tidak begitu bersinar, Dani Pedrosa akhirnya membuka peluang untuk menunjukkan kepada Repsol Honda bahwa ia masih pembalap terbaik yang dimiliki tim asal Jepang itu. Dalam kualifikasi yang dilakukan setelah free practice ketiga, pembalap asal Spanyol itu berhasil meraih catatan waktu tercepat 1 menit 33,638 detik mengalahkan catatan waktu Casey Stoner yang di tiga sesi latihan bebas kemarin dan tadi siang terus mendominasi. Stoner membukukan 1 menit 33,941 detik dan akan menempati urutan kedua dalam grid start seri keempat MotoGP yang akan berlangsung di sirkuit Le Mans Perancis besok Minggu 20 Mei 2012.

Dalam jumpa pers Pedrosa mengaku bukanlah seorang pole sitter dalam balapan. Tapi berada di grid depan start balapan juga sesuatu yang sangat baik. Ia mengaku seri keempat ini merupakan seri yang cukup sulit, dimana ia harus melakukan perbaikan terus-menerus untuk bisa meraih catatan waktu terbaik. Bagi Pedrosa, kondisi sirkuit Le Mans yang sedang kering karena cuaca cerah sedikit banyak membantunya meraih posisi terdepan atau pole position balapan besok. Tapi bisa saja cuaca akan berubah, sehingga yang perlu dilakukan dirinya dan timnya kata Pedrosa, hanya berusaha tampil sebaik mungkin. Apalagi jumlah putaran yang harus diselesaikan dalam balapan besok cukup banyak, 28 lap. Ia berharap bisa start dengan baik dan bisa terus mempertahankan diri berada di posisi terdepan.

Sementara itu Casey Stoner yang kali ini harus puas start dari urutan kedua mengaku cukup senang dengan hasil kualifikasi, meski sebetulnya ini tidak sesuai dengan rencananya dan tim. Kondisi cuaca yang berubah-ubah selama latihan bebas dan kualifikasi cukup menyulitkan, karena kondisi trek baru kering beberapa saat menjelang kualifikasi berakhir, dan di beberapa titik masih ada genangan air yang harus dilewati dengan hati-hati. Seperti pembalap lainnya, Stoner mengaku lebih nyaman kalau balapan besok berlangsung dalam kondisi cuaca cerah sehingga aspal trek kering dan memudahkannya untuk mengembangkan kecepatan.

Hasil mengejutkan justru didapat Andrea Dovizioso. Pembalap Monster Yamaha Tech 3 ini berhasil membuntuti dua pembalap Repsol Honda yang sampai sekarang masih terus mendominasi. Dovi yang juga mantan pembalap Repsol Honda mencatat waktu 1 menit 33,976 detik, dan kalau bisa mempertahankan kondisi seperti kualifikasi, pembalap Italia ini kemungkinan besar bisa melampiaskan dendamnya sekaligus menunjukkan kepada Repsol Honda bahwa sebetulnya ia punya kemampuan yang lebih baik dari perkiraan mereka. Sementara hasil mengejutkan lainnya didapat oleh pembalap Yamaha Factory Racing Jorge Lorenzo. Juara dunia MotoGP 2010 ini harus puas start di baris kedua, tepatnya posisi keempat dibelakang Dovizioso. Spaniard ini mengaku kecewa dengan hasil kualifikasi, karena pada saat berlangsungnya pencatatan waktu untuk menentukan grid start itu, ia harus berjibaku dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah, dan ini menyulitkannya mengembangkan kecepatan. Meski begitu Lorenzo tetap optimistis bisa mendapat podium pada balapan besok, sehingga ia bertekad untuk bisa start dengan sangat baik, untuk bisa mencuri posisi pada awal balapan dan berusaha mempertahankannya untuk meraih juara. (yz – MotoGP)

This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s