Lorenzo Master of The Rain in France

LE MANS PERANCIS – Janji Jorge Lorenzo untuk bisa meraih hasil maksimal dengan cara start yang bagus terbukti. Pembalap Yamaha Factory Racing asal Spanyol itu sukses mencuri posisi saat start dan berhasil mendahului duo Honda, Casey Stoner dan Dani Pedrosa, untuk kemudian memimpin sejak awal sampai akhir balapan. Dengan kondisi cuaca hujan yang sempat turun dengan derasnya, semua pembalap memang harus tampil lebih hati-hati termasuk Lorenzo. Tapi pemilik nomor 99 ini rupanya sudah bertekad memenangkan balapan, sehingga ia langsung menerobos dan tak terkejar, tak peduli dengan hujan yang masih turun membasahi sirkuit Le Mans.

Melihat Lorenzo lepas bak kuda liar, pembalap Yamaha lainnya seperti Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso tidak mau kalah. Mereka memacu motor bak kesetanan untuk mengejar Casey Stoner dan Dani Pedrosa yang berada dibelakang Lorenzo. Beruntung keduanya yang juga tampil sangat ketat sehingga sering terlihat saling overtake bisa menjaga ritme penampilan mereka. Bahkan Dovizioso yang start dari posisi ketiga akhirnya mampu mengejar Casey Stoner yang berada di posisi kedua, dan mengalahkan Pedrosa yang tampil tidak begitu ngotot malam ini. Cructhlow yang juga melihat kendornya penampilan Pedrosa tidak mau menyia-nyiakan kesempatan dan langsung membuntuti rekan setimnya itu untuk kemudian saling kejar dengan Stoner.

Kejutan justru datang dari Valentino Rossi dan Ducati Desmosedici GP12nya. Meski mengaku masih punya masalah dengan setelah dan harus berjibaku melawan sirkuit yang basah, Rossi justru tampil sangat baik dan tenang. Pelan tapi pasti ia berhasil menaikkan posisinya dari 7 melesat ke posisi lima, meninggalkan Pedrosa yang makin lama makin terlihat lamban. Dengan segala pengalamannya menjadi juara dunia 9 kali MotoGP, kematangan mental pembalap asal Urbino Italia ini sangat terlihat dari kemampuannya menekan satu demi satu pembalap didepannya. Rossi sempat head to head dengan Crutchlow dan Dovizioso. Ia juga sempat mendekati Stoner yang terpaut 4 detik dari Lorenzo yang sudah lenggang kangkung didepan, tapi kemudian tergeser lagi oleh duo pembalap Monster Yamaha Tech 3 itu.

Ketika berhasil mendahului Cal Crutchlow, Rossi kemudian berkonsentrasi menekan Dovizioso yang berada didepannya. Crutchlow kemungkinan besar terbawa emosi, sehingga terlalu ngotot memaksakan motornya. Alhasil pembalap asal Inggris ini harus tergelincir keluar sirkuit setelah di sebuah tikungan kekiri ketika akan mendekati Rossi, bannya kehilangan cengkeraman. Peluang ini tidak disia-siakan Valentino Rossi yang kemudian berhasil mendahului Dovizioso. Dovi yang satu negara dengan Rossi berusaha merebut kembali posisi ketiga yang hilang, namun rupanya ia sendiri juga kurang kontrol dengan motornya, sehingga harus terjatuh dan merelakan posisinya turun ke nomor tujuh. Pelan tapi pasti, Rossi berhasil mendekati Casey Stoner, dan setelah sempat head to head selama satu putaran, di putaran terakhir pembalap berjuluk The Doctor ini berhasil menjauh dari Stoner, sekaligus berhasil memperbaiki sejarah yang dibuatnya tahun lalu ditempat yang sama. Tahun lalu Rossi berhasil meraih podium ketiga, sedangkan malam ini ia finish sebagai runner up.

Dengan finishnya Jorge Lorenzo di posisi pertama, otomatis peringkatnya juga langsung naik menggeser Casey Stoner yang sebelumnya unggul satu angka dengan 66 poin. Kini Lorenzo memimpin klasemen sementara kelas MotoGP dengan perolehan 90 angka, disusul Casey Stoner dengan 82 poin. Sementara Dani Pedrosa rekan setim Stoner, berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan perolehan 65 poin.

Hasil Balapan MotoGP Le Mans Perancis:

1.Jorge Lorenzo ESP Yamaha Factory Racing (YZR-M1) 49m 39.743s
2. Valentino Rossi ITA Ducati Team (GP12) 49m 49.648s
3. Casey Stoner AUS Repsol Honda (RC213V) 49m 51.041s
4. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 50m 9.104s
5. Stefan Bradl GER LCR Honda MotoGP (RC213V) 50m 12.220s
6. Nicky Hayden USA Ducati Team (GP12) 50m 12.585s
7. Andrea Dovizioso ITA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 50m 39.502s
8. Cal Crutchlow GBR Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1) 50m 44.895s
9. Hector Barbera ESP Pramac Racing (GP12) 50m 47.589s
10. Alvaro Bautista ESP San Carlo Honda Gresini (RC213V) 50m 52.936s
11. James Ellison GBR Paul Bird Motorsport (ART CRT) 51m 6.406s
12. Mattia Pasini ITA Speed Master (ART CRT) 51m 7.376s
13. Aleix Espargaro ESP Power Electronics Aspar (ART CRT) +1 lap
14. Michele Pirro ITA San Carlo Honda Gresini (FTR-Honda CRT) +1 lap
15. Yonny Hernandez COL Avintia Blusens (FTR-Kawasaki CRT) +1 lap
16. Ben Spies USA Yamaha Factory Racing (YZR-M1) +1 lap
17. Chris Vermeulen AUS NGM Forward Racing (Suter-BMW CRT) +2 laps
18. Ivan Silva ESP Avintia Blusens (FTR-Kawasaki CRT) +2 laps

DNF:
Danilo Petrucci ITA Came IodaRacing (Ioda-Aprilia CRT)
Randy De Puniet FRA Power Electronics Aspar (ART CRT)
Karel Abraham CZE Cardion AB Motoracing (GP12) (yz – MotoGP/Crashnet)

This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s