Ducati Tes Komponen Baru

MUGELLO ITALIA – Tidak ingin berlama-lama terbuai kemenangan, tim Ducati hari ini kembali melakukan serangkaian tes untuk mengetahui perkembangan kemampuan untuk berkompetisi. Uji coba dilakukan di kandang sendiri, tepatnya di sirkuit Mugello Italia. Valentino Rossi dan Nicky Hayden mengetes motor dengan berbagai konfigurasi sasis, mesin, dan perangkat elektronik.

Sebetulnya Ducati berkeinginan mengetes motor di sirkuit Estoril Portugal. Namun karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan, akhirnya tes dipindah ke Italia. Dalam tes kali ini, tim mekanik Ducati merombak mesin Desmosedici GP12 dan kali ini diklaim lebih kalem dan smooth. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan motor ketika menikung maupun keluar dari tikungan. Sayangnya Ducati enggan menjelaskan seperti apa pengembangan pada mesin yang telah mereka buat.

Rossi dan Hayden sedianya akan menjalani tes pada pagi hari. Namun hujan yang sempat turun dengan derasnya, membuat kedua pembalap beda negara itu harus tinggal dalam paddock sampai jam 2 siang. Setelah hujan reda dan sirkuit mengering, barulah mereka bisa menggeber motor sekaligus melakukan serangkaian tes dengan berbagai perangkat baru selama hampir 4 jam lebih.

Dalam pernyataan persnya Ducati menjelaskan, Rossi dan Hayden menjalani sesi tes dengan pengawasan kepala mekanik Jeremy Burgess dan Juan Martinez, serta Manajer Ducati Vittoriano Guareschi. Selain itu test rider Franco Battaini bersama tim tes Ducati yang dikepalai Filippo Preziosi juga hadir. Rossi menyelesaikan 55 putaran, Hayden 52 putaran. Diperkirakan cuaca esok hari akan cukup bersahabat sehingga kemungkinan besar tes akan bisa dilanjutkan kembali untuk menemukan set up yang cocok dari sejumlah komponen baru yang diujicobakan.

Sejauh ini memang tidak ada pencatatan waktu. Namun Alex Briggs mekanik dari Valentino Rossi di akun twitternya @Alex_Briggs menjelaskan, memang ia  tidak bisa membocorkan hasil tes secara detil. Namun yang dilihatnya adalah, perkembangan set up motor berjalan dengan baik dan cukup bisa membuat tersenyum. Pekan ini merupakan waktu tes pertama Ducati, dari tiga tahap tes yang direncanakan. Dua tahap lainnya masing-masing akan berlangsung Juni dan Juli. Untuk Mei dan Juni, tes yang dilakukan bersifat tertutup. Sedangkan bulan Juli merupakan tes pasca balapan setelah gelaran MotoGP singgah ke Italia, tepatnya pada seri kesembilan. (yz – Crashnet)

This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s