Ducati Ganti Swing Arm

Rossi Saat Tes di Mugello

MUGELLO ITALIA – Ada yang baru dalam sesi tes tertutup tim Ducati yang berlangsung hari Kamis lalu di sirkuit Mugello. Dalam ujicoba berbagai komponen baru itu, terlihat motor Desmosedici GP12 yang ditunggangi Valentino Rossi dan Nicky Hayden memakai lengan ayun berbahan aluminium. Padahal selama ini Ducati dikenal ngotot mempertahankan pemakaian swingarm berbahan karbon dengan alasan rigiditas dan keringanannya jauh lebih baik. Namun tampaknya tim yang dikomandani Filippo Preziosi ini sudah mulai membuka diri untuk terobosan yang lebih baik bagi performa motor.

Dalam sesi tes yang berlangsung ditengah cuaca cerah cenderung panas itu, Rossi menyelesaikan 76 putaran sedangkan Hayden 81 putaran. Selesai ujicoba, Preziosi berkomentar bahwa kemungkinan besar lengan ayun aluminium itu akan menggantikan lengan ayun karbon yang selama ini mereka gunakan, karena ternyata hasil yang didapat jauh lebih baik dan sesuai dengan pengembangan motor yang dibutuhkan. Memang dalam tes itu Ducati juga mencoba set up mesin dan perangkat elektronik berikut sasis baru. Namun ternyata begitu lengan ayun aluminium yang sebetulnya sudah ditinggalkan Ducati sejak 2009 dicoba pakai lagi, hasilnya begitu positif. Dengan demikian, bisa jadi nantinya komponen-komponen berbahan komposit yang selama ini digunakan Ducati akan tergusur lagi dengan komponen-komponen old school yang dulu pernah mereka gunakan.

Sesi tes berikutnya akan berlangsung di sirkuit Catalunya pada 4 Juni atau setelah seri kelima berlangsung, dan 6 Juni di sirkuit Aragon. Untuk sesi tes terakhir ini sifatnya sebagai pengganti tes yang sedianya akan berlangsung di sirkuit Estoril Portugal tapi batal karena buruknya cuaca disana. Rencananya Ducati akan memperkenalkan set up terbarunya pada GP Silverstone yang akan berlangsung 17 Juni mendatang. Namun mereka harus menyiasati peraturan yang ada, karena kalau merujuk regulasi yang berlaku saat ini tentang penggantian mesin, Ducati baru akan bisa memperkenalkan set up terbaru dengan full version pada 29 Juli nanti, atau pada saat GP Amerika yang berlangsung di Laguna Seca digelar. (yz – Crashnet)

This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s