Herve Poncharal: Cal dan Dovi Bikin Saya Jantungan!

Herve Poncharal (tengah)

PARIS PERANCIS – Seri keempat MotoGP yang berlangsung di sirkuit Le Mans Perancis memang sudah seminggu berlalu. Namun berbagai pengamatan seputar balapan yang berlangsung dalam cuaca hujan itu terus bergulir, bahkan termasuk dari pemilik tim Monster Yamaha Tech 3 Herve Poncharal. Kepada situs MotoGP.com Poncharal mengungkapkan, betapa dalam balapan kemarin, dirinya dibuat sport jantung dan tekanan batin karena saking ngototnya dua pembalapnya, Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso, mereka akhirnya justru harus menelan pil pahit tergelincir dan melorot posisinya setelah sempat bertarung memperebutkan tiga besar dengan pembalap Ducati Valentino Rossi.

Poncharal menegaskan, siapapun pembalapnya pasti tidak akan senang kalau harus menjalani balapan dalam cuaca hujan. Alasannya jelas. Aspal basah sangat mengurangi daya cengkeram dan mau tidak mau pembalap harus lebih pelan ketika justru mereka harus beradu cepat menyelesaikan putaran yang ditentukan. Namun ada sisi positif yang dilihat oleh Poncharal, yaitu hasil balapan seringkali mengejutkan dan tidak disangka banyak orang, terutama yang selama ini mengunggulkan pembalap-pembalap yang memang selalu masuk daftar unggulan. Ia memberi contoh Bradley Smith dari Moto2, tahun lalu ia start dari posisi 28 namun bisa finish podium kedua di sirkuit Silverstone Inggris! Padahal saat itu cuaca juga sedang tidak bersahabat. Contoh lainnya kata Poncharal, Colin Edwards yang dulu bergabung dengannya. Baru delapan hari ia menjalani perawatan setelah tulang selangkanya patah, ternyata justru bisa masuk daftar tiga besar alias sukses naik podium di balapan yang sama. Karena itu pemilik tim satelit yang paling lama bergabung dengan Yamaha ini mengatakan, balapan di kala hujan sama dengan berjudi dengan keberuntungan seperti halnya lotere. Ia juga menyoroti betapa pertarungan antara dua pembalapnya, Cal dan Dovi yang sengit versus Valentino Rossi dan Casey Stoner untuk memperebutkan tiga besar di balapan minggu lalu juga sangat fantastik.

Meski dua pembalapnya menunjukkan tanda-tanda kompetitif sejak awal MotoGP 2012 berlangsung, Herve Poncharal menyebut terlalu dini untuk mengatakan bahwa Cal dan Dovi akan bisa mendominasi kompetisi tahun ini dari tim satelit. Apalagi masih ada dominasi pabrikan Yamaha dan Honda di barisan terdepan yang disebutnya sebagai The Three Aliens yang masih harus dipatahkan. Poncharal mengaku sangat puas dengan performa dua pembalapnya yang sangat agresif sehingga selama 4 seri berlangsung mereka selalu bisa masuk sepuluh besar dengan perolehan posisi terbanyak antara lima hingga enam besar. Baru minggu lalu mereka sial karena terlalu ngotot dan harus menebusnya dengan posisi  tujuh dan delapan. Tapi secara peringkat di klasemen sementara, kedua pembalap Tech 3 ini pantas diperhitungkan karena hanya merekalah pembalap dari tim satelit yang mampu bercokol di lima besar. Cal Crutchlow menempati posisi keempat, sedangkan Andrea Dovizioso di peringkat lima klasemen sementara. (yz – MotoGP)

This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s