Rossi Jatuh, Stoner Juara Laguna Seca

ImageLAGUNA SECA – Pembalap Yamaha Factory Racing Jorge Lorenzo, akhirnya harus mengakui keunggulan rival terberatnya dari Repsol Honda Casey Stoner, setelah diasapi Aussie yang baru saja jadi bapak itu di seri kesepuluh MotoGP yang berlangsung di sirkuit Laguna Seca Amerika Serikat.

Begitu lampu hijau tanda start menyala, Lorenzo yang mengenakan nomor start 99 langsung menyodok kedepan. Posisi start pole position yang diraihnya pada saat kualifikasi memberi keuntungan lebih buat Spaniard ini. Stoner yang sedang berusaha memperbaiki performanya setelah beberapa seri terakhir kalah terus dari Lorenzo dibuat penasaran. Apalagi setelah hampir setengah balapan, mantan pembalap Ducati itu masih belum bisa berbuat apa-apa kecuali hanya bisa menempel ketat rival terkuatnya tahun ini tersebut sambil mencari celah untuk bisa mendahuluinya. Lorenzo sendiri tidak mau membuang-buang peluang untuk jadi juara seri kesepuluh ini. Ia tidak sedikitpun memberi kesempatan Stoner untuk mendahuluinya. Model tikungan cork screw dan kontur sirkuit yang naik turun ditambah trek lurus yang hampir tidak ada karena model sirkuitnya dibuat selalu berbelok, membuat Honda RCV 213 yang dipacu Stoner belum mampu berbuat banyak untuk sementara dibanding YZR M1 Lorenzo yang secara geometris jauh lebih baik di tikungan. Bahkan ketika sudah setengah lomba, jarak antara kedua pembalap justru agak menjauh.

Bukan Stoner namanya kalau tidak tampil ngotot sehingga beberapa kali terlihat motornya bergetar karena ia memacunya tanpa ampun. Sebelas lap menjelang finish, Stoner kembali menempel ketat Lorenzo seolah sudah tahu apa yang harus diperbuatnya untuk mendahului pembalap asal negeri matador itu. Benar saja, di tikungan pertama selepas garis finish, Stoner menggenjot motornya semaksimal mungkin sehingga Lorenzo dibuatnya jauh tertinggal. Lorenzo rupanya tidak rela posisinya digusur sehingga berupaya kembali mengejar. Sayangnya hingga balapan berakhir, X Fuera harus puas di posisi kedua.

Balapan yang berlangsung pukul 3.45 WIB ini diwarnai dengan beberapa kecelakaan, termasuk yang dialami rekan setim Lorenzo, Ben Spies yang terpelanting ketika akan berakselerasi selepas tikungan cork screw yang memang sangat menyulitkan para pembalap itu. Beruntung Spies tidak mengalami cedera berarti. Pembalap lain yang juga harus mengakhiri balapan tanpa finish adalah Valentino Rossi. Juara dunia MotoGP 9 kali itu dipaksa jalan kaki menuju paddock setelah di tikungan yang sama dengan Spies ia jatuh menggelosor sementara Desmosedici GP13 yang dikendarainya terbang dan baru berhenti setelah menabrak ban pembatas. Beruntung Rossi juga tidak mengalami cedera, hanya baju balapnya yang tampak sobek di bagian belakang.

Hasil Balapan Seri 10 MotoGP Mazda Raceway Laguna Seca Amerika:

  1. 1.       Casey Stoner (Repsol Honda)
  2. 2.       Jorge Lorenzo (Yamaha Factory Racing)
  3. 3.       Dani Pedrosa (Repsol Honda)
  4. 4.       Andrea Dovizioso (Monster Yamaha Tech 3)
  5. 5.       Cal Crutchlow (Monster Yamaha Tech 3)
  6. 6.       Nicky Hayden (Ducati)
  7. 7.       Stefan Bradl (LCR Honda)
  8. 8.       Alvaro Bautista (San Carlo Honda Gresini)
  9. 9.       Alex Espargaro (Power Electronics Aspar)
  10. 10.   Karel Abraham (Cardion AB Motoracing) (YZ – MOTOGP)
This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s