Honda Bukukan Kemenangan ke-300

ImageLAGUNA SECA – Kemenangan yang diraih Casey Stoner dan podium ketiga yang diperoleh Dani Pedrosa pada seri kesepuluh MotoGP di sirkuit Laguna Seca Minggu 29 Juli lalu, ternyata menjadi catatan prestasi tersendiri bagi tim Repsol Honda. Hasil yang diraih kedua pembalap andalannya itu masuk dalam catatan podium kemenangan ke-300, sejak tim pabrikan motor asal Jepang itu menjalin kerjasama dengan Repsol sebagai sponsor utama tahun 1995.

Sejak bergabungnya perusahaan migas asal Spanyol itu, potensi tim Honda seakan makin menjulang dan nyaris tidak ada yang bisa menjegalnya. Dengan dana penelitian yang tidak terbatas, para insinyur kedua pihak telah menghasilkan terobosan demi terobosan untuk mengukuhkan tim Repsol Honda menjadi yang paling disegani di balap motor prototipe ini sejak masih bernama GP 500. Total rekor yang berhasil dibukukan selain 300 kemenangan kemarin adalah seratus kemenangan alias juara seri, dan 9 kali menggenggam juara dunia.

Sejak memakai livery berwarna oranye menyala yang merupakan warna khas Repsol, Honda telah berkali-kali mendapat pembalap-pembalap terbaik yang telah memberi mereka gelar juara dunia, termasuk Michael Doohan dan Valentino Rossi yang saat ini juga tercatat sebagai legenda balap yang diprakarsai Dorna tersebut. Tapi dari sekian pembalap yang pernah bergabung, hanya Dani Pedrosa yang tercatat memberi kemenangan paling banyak bagi tim sayap mengepak. Pembalap Spanyol itu membukukan 16 kali juara seri, 26 podium kedua, dan 23 podium ketiga dari total 65 kali hasil terbaik yang pernah dicapainya. Dan untuk tahun ini, Pedrosa juga punya peluang yang sama besarnya dengan Casey Stoner untuk meraih juara dunia 2012.

Bergabungnya Stoner setelah mengakhiri kontrak dengan Ducati tahun 2011, membawa berkah lebih besar lagi bagi tim asal Jepang ini, karena sejak ditinggal Valentino Rossi untuk bergabung dengan Yamaha pada 2004, Honda samasekali tidak pernah merasakan trofi juara dunia. Apalagi sejak pembalap asal Australia itu menjadi bagian tim sayap mengepak, ia sudah membukukan 14 kali juara seri, 2 kali podium kedua, dan 7 kali tempat ketiga. Saat ini pasangan Stoner – Pedrosa juga menjadi pasangan paling kuat yang pernah dimiliki Repsol Honda, setelah sebelumnya pasangan kuat di tim ini diisi oleh Michael Doohan – Alex Criville. Apakah tahun ini Honda akan mampu mengulang sukses juara dunia lagi seperti tahun lalu? Kita lihat saja. (YZ – MOTOGP)

This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s