Akhirnya Rossi ke Yamaha?

ImageROMA – Rumor yang beredar seputar rencana kepindahan Valentino Rossi dari Ducati ke Yamaha tampaknya mulai terbuka. Koran Gazzetta dello Sport yang dikutip situs Crash.net mengabarkan, gosip berakhirnya hubungan Rossi dan Ducati mulai mendekati kenyataan yang sebenarnya. Pembalap asal Urbino Italia itu diberitakan sudah menentukan pelabuhan berikutnya untuk musim kompetisi 2013, dan itu adalah kembali ke tim lamanya Yamaha Factory Racing.

Akhir 2010 lalu Rossi menyatakan mundur dari tim Yamaha dan memilih bergabung dengan Ducati karena beberapa sebab. Yang utama, juara dunia MotoGP 7 kali itu merasa dianaktirikan sehubungan makin meroketnya prestasi Jorge Lorenzo. Apalagi di tahun itu Rossi juga tidak begitu beruntung untuk bisa mempertahankan gelar juara yang diraihnya terakhir pada 2009, karena cedera yang menghantamnya pasca kecelakaan saat latihan motocross membuatnya tidak bisa berkutik dan harus rela menyerahkan gelar juara yang sebelumnya berpeluang dipertahankannya pada Lorenzo. Apalagi Rossi sendiri juga berulah dengan tetap mempertahankan dinding pemisah antara dirinya dan Lorenzo, meski waktu itu kebijakan pemasok ban tunggal sudah berlaku. Seperti diketahui, awalnya Rossi menggunakan dinding pemisah karena waktu itu pemasok ban masih ada dua yaitu Dunlop dan Bridgestone. Rossi menggunakan Bridgestone, sedangkan Lorenzo masih setia dengan Dunlop.

Sejauh ini memang belum ada kepastian langsung dari Rossi maupun tim manajemennya, apakah benar mereka akan kembali ke Yamaha, ataukah tetap berada di Ducati dengan resiko kemenangan yang diimpikan Rossi baru akan bisa diraih dalam jangka waktu yang belum bisa ditentukan. Namun menurut Gazzetta, dengan sedikitnya waktu yang dimiliki Rossi, hanya dua minggu sebelum seri ke-11 di Indianapolis, membuat pembalap kelahiran Februari 1979 itu harus mengambil keputusan cepat, dan itu adalah kembali ke pangkuan tim garpu tala. Bahkan koran sport terbesar Italia ini berani menulis, Rossi akan membuat kesepakatan dengan Yamaha pada malam akan berlangsungnya seri Indianapolis pada 15 Agustus mendatang.

Kalau memang benar begitu, berarti peluang Andrea Dovizioso untuk bergabung dengan tim pabrikan Yamaha akan hilang. Memang sebagai pengganti, Dovi bisa saja mengisi kekosongan di Ducati. Namun sinyalemen yang ada, Dovi dan juga Ben Spies yang baru saja mengumumkan pengunduran dirinya dari tim Yamaha di MotoGP, akan keluar dari balap motor prototipe itu, untuk kemudian bergabung di World Superbike. Sementara jok motor Rossi di Ducati kemungkinan besar akan ditunggangi Cal Crutchlow, meski sampai saat ini masih belum ada kesepakatan antara kedua pihak, sementara kalau ada diantara Dovi atau Cal yang berniat pindah ke Honda, peluangnya juga sudah tertutup karena Repsol Honda sudah mengontrak Marc Marquez pembalap Moto2, untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Casey Stoner untuk musim depan, pasca pengumuman pensiun juara dunia 2011 asal Australia itu. (YZ – CRASH)

This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s