Resmi: Rossi Pindah Ke Yamaha

ImageBOLOGNA – Berakhir sudah kerjasama antara Valentino Rossi dan Ducati. Kabar ini resmi diumumkan oleh tim Ducati hari ini, Jumat 10 Agustus 2012 dalam bentuk press release yang disebar ke berbagai media, terutama media balap seperti motogp.com dan crash.net.

Dalam pernyataan itu memang Ducati tidak mengumumkan secara lugas apakah memang kerjasama antara tim dengan juara dunia 7 kali MotoGP itu berakhir tahun ini. Ducati hanya menjelaskan bahwa hubungan kerjasama dengan Valentino Rossi akan disimpulkan pada akhir musim kompetisi 2012. Satu-satunya penanda bahwa hubungan keduanya sudah end alias berakhir adalah, Ducati berharap yang terbaik bagi Rossi di musim kompetisi mendatang.

Valentino Rossi hengkang dari Yamaha pada akhir 2010 untuk bergabung dengan Ducati karena beberapa alasan. Ia sudah merasa tidak nyaman lagi berada di kubu garpu tala, karena mereka dinilai sudah tidak lagi memperhatikan kebutuhannya, seiring makin naiknya prestasi Jorge Lorenzo, bahkan pembalap asal Spanyol itu sukses jadi juara dunia, memanfaatkan ketidakberuntungan Rossi ketika musim lalu. Rossi memang tidak tampil prima di musim terakhirnya bersama Yamaha, karena cedera yang membelitnya pasca kecelakaan ketika berlatih motocross. Alasan lainnya adalah bahwa ia ingin mencoba memecahkan rekor juara di tiga tim yang berbeda seperti yang pernah dilakukan legenda balap motor John Surtees atau Mike Hailwood. Sayangnya selama dua tahun bergabung di Ducati, bukannya prestasi terbaik yang didapat, Rossi malah harus kerepotan mengatasi motor Desmosedici yang terkenal sangat alot dan sulit ditaklukkan. Memang mengherankan ketika Casey Stoner bergabung disana, motor itu seolah sangat jinak dengan pembalap Australia itu. Tapi begitu ditunggangi pembalap lain, bahkan termasuk pembalap sekaliber Rossi sekalipun. Sepanjang karirnya di Ducati, Rossi hanya mampu membukukan 2 podium dari 27 kali start bersama tim merah.

Meski secara resmi menyatakan akan berpisah, Ducati masih akan terus mengupayakan yang terbaik bagi Rossi untuk menghadapi sisa musim 2012 yang tinggal delapan seri lagi. Dengan berakhirnya kerjasama kedua pihak, akan ada pembalap pengganti untuk mendampingi Nicky Hayden yang sudah memperpanjang kontrak untuk tahun depan. Beberapa nama yang muncul diantaranya adalah Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow. Keduanya berasal dari tim Monster Yamaha Tech 3 yang terpaksa harus gigit jari karena peluang untuk bergabung dengan tim Yamaha Factory Racing yang merupakan tim pabrikan Yamaha tertutup sudah karena semuanya jelas dan Yamaha sudah menyiapkan pernyataan resmi tentang kembalinya Rossi untuk bergabung dengan tim yang pernah dikomandani Masao Furusawa itu. (YZ – MOTOGP/CRASH)

This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s