Pedrosa Pole, Hayden dan Stoner Patah Tulang

ImageINDIANAPOLIS – Hancur-hancuran! Itu yang tertangkap saat proses kualifikasi MotoGP seri kesebelas yang berlangsung di sirkuit Indianapolis Amerika Serikat tadi malam Waktu Indonesia Barat. Kondisi sirkuit yang licin menyebabkan banyak pembalap berjatuhan pada saat latihan dan juga adu cepat untuk bisa start dari pole position.

Nicky Hayden menjadi pembalap dengan cedera yang paling parah dalam kualifikasi kemarin. Ketika sedang berpacu dengan ban kompon lunaknya, tiba-tiba pembalap Ducati asal Amerika Serikat itu kehilangan kendali di tikungan ke-14 dan jumpalitan. Buntut-buntutnya Hayden yang digadang-gadang jadi pembalap tuan rumah yang bisa tampil garang justru tidak sadarkan diri akibat kecelakaan itu sehingga harus digotong ke klinik sirkuit. Setelah menjalani beragam tes, pembalap kelahiran Kentucky itu harus dirawat di Methodist Hospital dengan cedera patah di dua tempat di tangan kanannya. Dengan kondisi ini, catatan waktu kualifikasi tercepat kedelapan yang diraihnya hangus, dan ditempati pembalap dibawahnya yaitu Alvaro Bautista dari San Carlo Honda Gresini.

Sebelum insiden yang menimpa Hayden, Casey Stoner dari Repsol Honda menjadi pembalap pertama yang tunggang langgang jadi korban licinnya sirkuit Indy. Ketika mencatat waktu tercepat keenam di sesi laithan bebas ketiga, juara dunia 2011 itu sedang berupaya mempertajam catatan waktunya. Sayang keberuntungan sedang tidak berpihak sehingga pembalap Australia itu terpaksa harus meninggalkan sirkuit di tikungan ke-14, tikungan yang sama dengan lokasi jatuhnya Hayden, dengan hasil ada patahan kecil di engkel kanannya. Bisa tidaknya Stoner turun dalam balapan dinihari nanti, tergantung hasil rekam medis selanjutnya.

Pembalap berikutnya yang jadi korban licinnya sirkuit Indianapolis adalah Ben Spies. Pembalap Yamaha Factory Racing itu terpelanting dari motornya, juga di tikungan yang sama dengan dua pembalap sebelumnya. Beruntung cedera yang dialami Spies tidak separah Stoner maupun Hayden. Pembalap Amerika itu hanya mengalami memar dan bahkan sempat bisa jalan setelah jumpalitan dari motornya. Namun siap tidaknya Spies turun hari ini (dinihari besok – pen) akan ditentukan kemudian.

Dari hasil kualifikasi, Dani Pedrosa mampu mencatat waktu tercepat dengan 1 menit 38,813”, disusul Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso, Ben Spies, Stefan Bradl dan Casey Stoner. Sementara urutan start ketujuh hingga sepuluh masing-masing ditempati Cal Crutchlow, Nicky Hayden, Alvaro Bautista dan Randy de Puniet. (YZ – CRASH/MOTOGP)

This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s