Spaniard (Lagi) 1-2

ImageARAGON – Seperti yang selalu jadi tradisi, setiap kali gelaran MotoGP singgah di Spanyol, para pembalap lokalnya berebut jadi juara atau minimal naik podium. Ini juga terjadi di seri ke-14 MotoGP yang berlangsung di sirkuit Aragon malam ini Waktu Indonesia Barat. Dani Pedrosa dari Repsol Honda dan Jorge Lorenzo dari Yamaha Factory Racing meraih podium pertama dan kedua, sedikit berbeda dari posisi start dimana Lorenzo yang meraih pole position, sedangkan Pedrosa ditempat kedua. Beda satu peringkat tapi lebih berpengaruh di hasil balapan.

Waktu balapan baru mulai, Lorenzo sudah tancap gas untuk memperbesar gap poin dengan Pedrosa, sekaligus membuka peluang juara dunia. Sayangnya di lap kelima, pembalap bernomor start 99 itu terlihat lengah sehingga di satu tikungan kekiri Pedrosa yang terus menguntitnya dengan sabar langsung menyambar kesempatan yang ada. Begitu menyalip, pembalap paling pendek diantara kontestan MotoGP itu langsung memimpin hingga 23 putaran terselesaikan.

Dengan kemenangan ini, Pedrosa masih punya peluang untuk juara dunia meski jalan untuk itu cukup berat, karena balapan tinggal empat seri lagi, dan setidaknya Pedrosa harus meraih juara seri di keempat seri itu alias mendapat nilai sempurna. Karena juara pertama dapat 25 poin, pembalap yang baru saja ulangtahun ke-27 kemarin itu harus mendapat poin perfect 100. Itupun dengan catatan Lorenzo harus tercecer di urutan 5 besar kebawah, sesuatu yang sepertinya sangat tidak mungkin mengingat Lorenzo juga pasti sedang berusaha mati-matian merebut kembali tahta juara yang pernah didapatnya 2010 lalu, sebelum akhirnya digondol Casey Stoner di tahun berikutnya.

Sementara itu pertarungan sesungguhnya yang sangat menarik untuk disimak tadi justru datang dari kubu Monster Yamaha Tech 3. Herve Poncharal selaku pemilik tim dipastikan blingsatan melihat dua pembalap andalannya Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow bertarung sangat sengit untuk bisa naik ke podium ketiga. Saking sengitnya, Dovi sampai harus menyenggol rekan setimnya itu ketika berbelok kekiri menjelang tikungan terakhir di garis finish. Dan hasil ini juga menobatkan Tech 3 sebagai satu-satunya tim satelit yang paling kuat sepanjang gelaran MotoGP 2012. Sedangkan Dovi berpeluang besar menggeser Casey Stoner dari posisi ketiga klasemen sementara, karena sampai balapan tadi, pembalap kampiun Repsol Honda dari Australia itu masih harus istirahat pasca operasi cedera engkel kaki kanannya yang patah waktu GP Indianapolis. (YZ – CRASH)

This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s