Tahun Depan Ada Peraturan Baru MotoGP

ImageMOTEGI – Per Januari tahun depan, format baru untuk sesi kualifikasi akan diberlakukan di MotoGP. Ini hasil pertemuan yang digelar 13 Oktober atau Sabtu kemarin di Motegi Jepang dan disepakati Grand Prix Commission. Format baru itu adalah sebagai berikut:

  1. Tiga sesi latihan bebas akan tetap dijalankan, namun rata-rata catatan waktu dari tiga sesi tersebut akan menentukan bisa tidaknya pembalap mengikuti babak kualifikasi.
  2. Sepuluh pembalap tercepat dari poin pertama berhak langsung ke sesi kualifikasi kedua (QP2)
  3. Pembalap-pembalap diluar sepuluh tercepat diwajibkan ikut QP1.
  4. Dua pembalap tercepat QP1 berhak ikut QP2 sehingga total ada 12 pembalap yang berhak menempati grid start lebih dulu.
  5. Pembalap-pembalap yang tidak termasuk dalam catatan waktu tercepat QP1 akan menempati posisi 13 dan seterusnya berdasarkan catatan waktu QP1

Sementara itu ada juga beberapa perubahan dalam pencatatan waktu di sesi latihan bebas atau Free Practice. Di hari pertama atau dua hari sebelum balapan, untuk latihan bebas pertama dan kedua tidak ada perubahan, masing-masing tim diberi waktu 45 menit. Begitu juga di sesi latihan bebas ketiga yang digelar sehari menjelang balapan. Namun pada sore hari setelah latihan bebas ketiga, ada latihan bebas keempat sepanjang 30 menit dan tidak dimasukkan catatan kualifikasi. Setelah istirahat 10 menit dari sesi tersebut, sesi kualifiksi pertama dimulai dengan rentang 15 menit dan kualifikasi kedua juga dengan durasi yang sama, setelah sebelumnya ada jeda 10 menit dari kualifikasi pertama.

Peraturan lain yang mulai diberlakukan adalah tentang dimulainya musim kompetisi. Musim terbaru mulai berlaku sejak berakhirnya balapan seri terakhir musim sebelumnya sampai seri terakhir tahun berikutnya. Pertimbangannya adalah, adanya sejumlah pembatasan aktivitas dalam kalender balap, termasuk diantaranya memulai musim dengan tes motor pasca berakhirnya seri terakhir balapan terkini. Dampak peraturan ini adalah, para kontestan dari tim pabrikan harus memilih tiga sirkuit untuk tes sebelum seri terakhir berlangsung. Sementara untuk tim satelit, mereka sudah dibolehkan memakai pembalap yang dikontrak sebagai test rider yang disetujui Race Direction untuk menguji motor dengan ban yang sudah dialokasikan. (YZ – MOTOGP)

This entry was posted in MOTOGP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s